Waktu yang Tepat Untuk Belajar

14 Agu

Nilai ujian anda jelek? IPK anda anjlok? Atau anda tergolong kedalam orang yang susah menerima pelajaran? Semua itu memang dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya: asupan makanan, pola kehidupan dan pola belajar. Tidak menutup kemungkinan jika anda bisa memperbaiki salah faktor anda akan menjadi orang yang selalu mendapatkan nilai ujian yang bagus, IPK anda berkisar 3,5 – 4, atau anda akan tergolong kedalam orang yang mudah menerima pelajaran.

Melalui posting ini, saya akan mencoba menguraikan tentang waktu-waktu yang tepat untuk belajar. Postingan ini saya buat karena terinspirasi dari sebuah buku yang saya baca di perpustakaan sekolah, bukunya berjudul “Belajar Lebih Cerdas Bukan Lebih Keras”. Mungkin ada diantara anda yang sudah membaca buku itu. Ok! Mari kita bahas satu per satu waktu-waktu itu.

1. Pukul 02.30 sampai pukul 04.00

Seperti yang kita ketahui, hari itu dimulai dari pukul 00.00 sampai 24.00. Maka dari itu, pembahasan tentang waktu-waktu yang tepat untuk belajar ini diawali dengan pukul 02.30 sampai pukul 04.00. Wah, jam setengah tiga pagi kan masih ngantuk. Benar! Biar tidak ngantuk ada baiknya anda bangun pukul 02.00 lalu dilanjutkan dengan sholat tahajud enam rakaat plus satu atau tiga rakaat shalat witir. Setelah itu barulah anda mulai belajar.

Pada rentan waktu ini kemungkinan terserapnya pelajar bisa mencapai 90%. Ini terjadi karena sunyi dan sepinya keadaan pada waktu itu. Udara pagi yang sejuk ditambah dengan tenangnya keadaan waktu itu menjadikan anda untuk lebih mudah dalam mencerna pelajaran. Kondisi kejiwaan anda yang waktu itu telah mengerjakan shalat tahajud plus witir menambah lagi daya serap. Kalau sudah begitu, materi-materi pelajaran akan mengalir kedalam otak kita, tersimpan rapih dan telah siap jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

2. Sore-sore setelah mandi

Sehabis mandi sore badan menjadi segar kembali setelah lelahnya beraktivitas. Itulah saat dimana kita bisa belajar dengan kemungkinan terserapnya pelajaran antara 60% – 70%. Manfaatkanlah waktu itu. Untuk menemani anda belajar, anda bisa menyiapkan musik yang anda sukai, cemilan atau secangkir teh yang bisa membuat anda rileks.

 

3. Pukul 20.00 sampai 21.30

Waktu yang terakhir ini merupakan waktu yang tepat untuk belajar, akan tetapi lebih spesifik lagi yaitu waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas-tugas. Pada rentan waktu ini daya serap anda sudah begitu menurun, anatara 20% – 30%. Banyak sekali godaan yang menghadang pada waktu ini. Acara televisi yang sedang seru-serunya, ngantuk gara-gara kebanyakan makan malam dan lain-lain. Jadi, gunakanlah waktu ini untuk mengerjakan tugas saja jangan terlalu memaksakan untuk menyerap pelajaran.pendidikan yang baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: